Contoh Soal IPA Kelas 7 Semester 1 (K13)

Categories:

Pendahuluan

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang mempelajari tentang alam semesta dan segala isinya, termasuk interaksi di dalamnya. Di kelas 7 semester 1, siswa diperkenalkan dengan konsep-konsep dasar IPA yang menjadi fondasi untuk pembelajaran selanjutnya. Kurikulum 2013 menekankan pada pendekatan saintifik, mendorong siswa untuk aktif mengamati, bertanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan hasil pembelajaran.

Artikel ini menyajikan contoh-contoh soal IPA kelas 7 semester 1 Kurikulum 2013 yang disertai dengan pembahasan. Soal-soal ini mencakup berbagai topik penting seperti pengantar IPA, klasifikasi makhluk hidup, ciri-ciri makhluk hidup, dan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Tujuan dari penyajian contoh soal ini adalah untuk membantu siswa memahami materi pelajaran, melatih kemampuan berpikir kritis, dan mempersiapkan diri menghadapi ujian semester.

I. Pengantar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Contoh Soal IPA Kelas 7 Semester 1 (K13)

Bagian ini menguji pemahaman siswa tentang hakikat IPA, metode ilmiah, keselamatan kerja di laboratorium, dan pengukuran.

Contoh Soal 1:

Perhatikan pernyataan berikut:

  1. Melakukan observasi terhadap suatu fenomena alam.
  2. Merumuskan hipotesis berdasarkan hasil observasi.
  3. Melakukan eksperimen untuk menguji hipotesis.
  4. Menarik kesimpulan berdasarkan hasil eksperimen.
  5. Mengkomunikasikan hasil penelitian.

Urutan langkah-langkah yang benar dalam metode ilmiah adalah…

A. 1-2-3-4-5
B. 2-1-3-4-5
C. 1-3-2-4-5
D. 3-1-2-4-5

Pembahasan:

Metode ilmiah adalah proses sistematis yang digunakan untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan ilmiah. Urutan langkah-langkah yang benar dalam metode ilmiah adalah:

  1. Observasi: Mengamati fenomena alam atau masalah yang ingin diteliti.
  2. Merumuskan Hipotesis: Membuat dugaan sementara (hipotesis) sebagai jawaban terhadap masalah.
  3. Eksperimen: Melakukan percobaan untuk menguji kebenaran hipotesis.
  4. Analisis Data: Mengumpulkan dan menganalisis data hasil eksperimen.
  5. Menarik Kesimpulan: Membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis data.
  6. Komunikasi: Mengkomunikasikan hasil penelitian kepada orang lain.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang benar adalah A. 1-2-3-4-5.

Contoh Soal 2:

Berikut ini adalah beberapa alat laboratorium:

  1. Gelas kimia
  2. Pipet tetes
  3. Labu Erlenmeyer
  4. Gelas ukur
  5. Pembakar Bunsen

Alat-alat yang digunakan untuk mengukur volume zat cair secara akurat adalah…

A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 1 dan 5

Pembahasan:

  • Gelas kimia digunakan untuk menyimpan dan mencampur zat, tetapi tidak akurat untuk mengukur volume.
  • Pipet tetes digunakan untuk meneteskan zat cair dalam jumlah kecil.
  • Labu Erlenmeyer digunakan untuk menyimpan dan mencampur zat, serta untuk titrasi.
  • Gelas ukur dirancang khusus untuk mengukur volume zat cair dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi.
  • Pembakar Bunsen digunakan untuk memanaskan zat.
READ  Contoh Soal Pengukuran Kelas 1 SD: Panduan Lengkap

Jadi, alat yang digunakan untuk mengukur volume zat cair secara akurat adalah Gelas ukur. Jawaban yang benar adalah B. 2 dan 4.

Contoh Soal 3:

Simbol bahan kimia berikut yang menunjukkan bahwa bahan tersebut bersifat korosif adalah… (Soal ini membutuhkan gambar simbol korosif)

Pembahasan:

Simbol bahan kimia korosif biasanya berupa gambar yang menunjukkan zat yang menetes dan merusak permukaan. Siswa perlu memahami simbol-simbol keselamatan kerja di laboratorium untuk menghindari kecelakaan.

II. Klasifikasi Makhluk Hidup

Bagian ini menguji pemahaman siswa tentang ciri-ciri makhluk hidup, tingkatan organisasi kehidupan, dan klasifikasi makhluk hidup (Kingdom).

Contoh Soal 4:

Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri makhluk hidup adalah…

A. Bergerak
B. Bernapas
C. Berkembang biak
D. Berpikir

Pembahasan:

Ciri-ciri makhluk hidup meliputi:

  • Bergerak
  • Bernapas (respirasi)
  • Berkembang biak (reproduksi)
  • Tumbuh dan berkembang
  • Makan (nutrisi)
  • Peka terhadap rangsang (iritabilitas)
  • Mengeluarkan zat sisa (ekskresi)
  • Adaptasi

Berpikir adalah kemampuan yang kompleks dan tidak semua makhluk hidup memilikinya. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D. Berpikir.

Contoh Soal 5:

Urutan tingkatan organisasi kehidupan dari yang terkecil hingga terbesar adalah…

A. Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Individu – Populasi – Komunitas – Ekosistem – Bioma – Biosfer
B. Sel – Organ – Jaringan – Sistem Organ – Individu – Populasi – Komunitas – Ekosistem – Bioma – Biosfer
C. Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Individu – Komunitas – Populasi – Ekosistem – Bioma – Biosfer
D. Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Populasi – Individu – Komunitas – Ekosistem – Bioma – Biosfer

Pembahasan:

Tingkatan organisasi kehidupan diurutkan berdasarkan kompleksitasnya:

  1. Sel: Unit terkecil penyusun makhluk hidup.
  2. Jaringan: Kumpulan sel yang memiliki fungsi yang sama.
  3. Organ: Kumpulan jaringan yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu.
  4. Sistem Organ: Kumpulan organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi yang lebih kompleks.
  5. Individu: Organisme tunggal.
  6. Populasi: Kumpulan individu sejenis yang hidup di suatu wilayah.
  7. Komunitas: Kumpulan populasi yang berbeda yang hidup di suatu wilayah dan saling berinteraksi.
  8. Ekosistem: Interaksi antara komunitas dengan lingkungannya.
  9. Bioma: Kumpulan ekosistem yang memiliki iklim dan karakteristik geografis yang serupa.
  10. Biosfer: Seluruh bagian bumi yang dihuni oleh makhluk hidup.
READ  Bank Soal Pilihan Ganda: Kedudukan Dua Lingkaran (Kelas 11)

Jadi, jawaban yang benar adalah A. Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Individu – Populasi – Komunitas – Ekosistem – Bioma – Biosfer.

Contoh Soal 6:

Kingdom yang anggotanya memiliki ciri-ciri uniseluler, prokariotik, dan dapat hidup di lingkungan ekstrem adalah…

A. Monera
B. Protista
C. Fungi
D. Plantae

Pembahasan:

  • Monera: Kingdom yang anggotanya uniseluler, prokariotik (tidak memiliki membran inti), dan memiliki dinding sel. Beberapa anggota Monera dapat hidup di lingkungan ekstrem (misalnya bakteri halofil yang hidup di lingkungan dengan kadar garam tinggi).
  • Protista: Kingdom yang anggotanya eukariotik (memiliki membran inti), uniseluler atau multiseluler, dan memiliki berbagai cara memperoleh makanan.
  • Fungi: Kingdom yang anggotanya eukariotik, uniseluler atau multiseluler, heterotrof (memperoleh makanan dari organisme lain), dan memiliki dinding sel dari kitin.
  • Plantae: Kingdom yang anggotanya eukariotik, multiseluler, autotrof (dapat membuat makanan sendiri melalui fotosintesis), dan memiliki dinding sel dari selulosa.

Jadi, jawaban yang benar adalah A. Monera.

III. Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Bagian ini menguji pemahaman siswa tentang konsep ekosistem, komponen ekosistem, rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan peran makhluk hidup dalam ekosistem.

Contoh Soal 7:

Peran tumbuhan hijau dalam ekosistem adalah sebagai…

A. Konsumen
B. Produsen
C. Dekomposer
D. Parasit

Pembahasan:

  • Produsen: Organisme yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis (misalnya tumbuhan hijau).
  • Konsumen: Organisme yang memakan organisme lain.
  • Dekomposer: Organisme yang menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang mati (misalnya bakteri dan jamur).
  • Parasit: Organisme yang hidup menumpang pada organisme lain (inang) dan merugikan inangnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah B. Produsen.

Contoh Soal 8:

Pada suatu ekosistem sawah, terdapat padi, belalang, katak, dan ular. Jika populasi katak menurun drastis, maka yang akan terjadi adalah…

READ  Soal Matematika Kelas 2 Semester 1: Kurikulum Merdeka

A. Populasi padi akan meningkat.
B. Populasi belalang akan menurun.
C. Populasi ular akan meningkat.
D. Populasi padi akan menurun.

Pembahasan:

Dalam rantai makanan, katak berperan sebagai konsumen belalang dan menjadi mangsa ular. Jika populasi katak menurun, maka:

  • Populasi belalang akan meningkat karena tidak ada predator yang memakannya.
  • Populasi ular akan menurun karena kekurangan makanan.
  • Populasi padi akan terpengaruh secara tidak langsung karena peningkatan populasi belalang akan meningkatkan konsumsi padi.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A. Populasi padi akan meningkat. (Karena belalang sebagai herbivora akan berkurang pemangsanya)

Contoh Soal 9:

Contoh simbiosis mutualisme adalah…

A. Benalu dengan pohon mangga
B. Tali putri dengan tanaman inang
C. Bakteri E. coli di usus manusia
D. Anggrek dengan pohon yang ditumpanginya

Pembahasan:

  • Simbiosis mutualisme: Hubungan antara dua organisme yang saling menguntungkan.

  • Simbiosis komensalisme: Hubungan antara dua organisme yang satu diuntungkan dan yang lain tidak dirugikan maupun diuntungkan.

  • Simbiosis parasitisme: Hubungan antara dua organisme yang satu diuntungkan dan yang lain dirugikan.

  • Benalu dengan pohon mangga: Parasitisme (benalu mendapat makanan dari pohon mangga, pohon mangga dirugikan).

  • Tali putri dengan tanaman inang: Parasitisme (tali putri mendapat makanan dari tanaman inang, tanaman inang dirugikan).

  • Bakteri E. coli di usus manusia: Mutualisme (bakteri membantu mencerna makanan, manusia menyediakan tempat tinggal dan makanan bagi bakteri).

  • Anggrek dengan pohon yang ditumpanginya: Komensalisme (anggrek mendapat tempat tinggal, pohon tidak dirugikan maupun diuntungkan).

Jadi, jawaban yang benar adalah C. Bakteri E. coli di usus manusia.

Kesimpulan

Contoh-contoh soal di atas memberikan gambaran tentang materi yang dipelajari di kelas 7 semester 1 Kurikulum 2013. Penting bagi siswa untuk memahami konsep-konsep dasar IPA dan melatih kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal. Selain belajar dari buku teks dan catatan, siswa juga dapat mencari referensi lain seperti buku latihan soal dan sumber belajar online. Dengan persiapan yang matang, siswa akan dapat meraih hasil yang memuaskan dalam mata pelajaran IPA.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *